Kapolres Siapkan Tim Khusus Bubarkan Kerumunan Perayaan Tahun Baru

Kebumen, Kapolres Kebumen AKBP Piter Yanottama menyiapkan tim khusus yang bertugas untuk membubarkan kerumunan perayaan tahun baru 2021. Tim khusus yang terdiri dari Polres Kebumen, Kodim 0709 Kebumen, Pemerintah Kabupaten Kebumen, akan mobiling berpatroli melakukan pembubaran.

Tim khusus tersebut akan bertindak berdasarkan Undang-Undang Karantina Kesehatan dan Undang-Undang Wabah Penyakit menular jika warga tidak mengindahkan. Kapolres juga memerintahkan kepada seluruh personel Polres Kebumen untuk menindak tegas warga yang memaksakan menyalakan petasan pada malam pergantian tahun.

Polres Kebumen bersama Pemerintah Kabupaten Kebumen sepakat tidak ada perayaan pergantian tahun. Termasuk, warga tidak diperbolehkan menyalakan petasan. Pelanggar akan dilakukan pemeriksaan oleh Penyidik, sesuai ketentuan hukum yang berlaku, jelas AKBP Piter didampingi Kasubbag Humas Polres Iptu Sugiyanto, Rabu, (30/12). 

Masyarakat, kata Piter, diimbau kesadarannya untuk patuh terhadap protokol kesehatan memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Piter juga menegaskan, sejumlah tempat Wisata serta tempat yang biasa digunakan berkumpul seperti kafe, karaoke, semua hotel dan restaurant dilarang menyelenggarakan pesta atau perayaan tahun baru 2021, dengan kata lain ditutup. 

Penutupan dilakukan mulai hari ini, Rabu 30 Desember 2020 pukul 24.00 WIB sampai dengan hari Minggu 3 Januari 2021 pukul 24.00 WIB, terangnya.

Piter mengingatkan, hal itu sesuai dengan Surat Edaran Bupati Kebumen Nomor: 443/2935/2020 tentang Langkah-Langkah Pencegahan dan Pengendalian Penyebaran Covid-19 pada Perayaan Tahun Baru 2021 di Kabupaten Kebumen, tanggal 29 Desember 2020.

Kita ingin, tahun baru di Kebumen steril tidak ada aksi kumpul-kumpul di tempat umum. Seperti diketahui bersama saat ini pandemi Covid-19 belum berakhir. Ini demi kebaikan bersama, katanya.

Piter menambahkan, pihaknya juga menerjunkan tim khusus penembak jitu untuk mengamankan jalannya malam pergantian tahun. Tim penembak jitu ditempatkan dititik-titik tertentu yang siap digerakkan sewaktu-sewaktu saat situasi dan kondisi mendesak.

Pihaknya bersama Polsek jajaran Polres Kebumen kini juga tengah menggencarkan kegiatan kepolisan yang ditingkatkan, diantaranya yakni dengan menggelar razia Miras diseluruh wilayah Kebumen. Dalam kegiatan tersebut, pihaknya telah berhasil menyita Ribuan Miras berbagai merk dan kemasa siap edar.

Kami berharap, dengan rangkaian kegiatan yang telah kami gelar, kami laksanakan, Kebumen akan selalu dalam keadaan aman dan kondusif, pungkasnya.
Sumber : syarif-hidayat

Komentar

Postingan populer dari blog ini

banjir kebumen rendam 10 kecamatan

Gegara Chatting Whatsapp, Suami Mabuk Pukuli Istri