Fenomena Likuifaksi Grenggeng, Hampir 1 Hektar Tanah Bergerak


Kebumen, Fenomena likufaksi terjadi di Desa Grenggeng Kecamatan Karanganyar. Tidak tanggung-tanggung, luas tanah yang seolah bergerak ini mencapai 1 hektar. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut namun dua keluarga yang terdiri dari 7 orang terpaksa dievakuasi ke tempat yang lebih aman.

Sekedar informasi, likuifaksi yaitu keadaan hilangnya kekuatan tanah, sebaliknya, tanah yang tadinya padat menjadi mudah bergeser. Likuifaksi di Grenggeng menimpa pedukuhan di RT 5 RW 4 yang jauh dari tepi sungai. Adapun luas areal yang mengalami gerakan yakni panjang 200 meter dan lebar 50 meter. 

Ketua RT 5 RW 4 Desa Grenggeng Sutijo mengatakan, kejadian tersebut menimpa rumahnya dan satu warga lain yaitu Rajiman. Proses terjadinya secara bertahap. Dimana awalnya bergerak sedikit pada Selasa lalu namun belum parah. Kemudian diperparah adanya pergerakan tanah pada kemarin sore dan malam tadi.

Bangun mau pindah depan sudah jadi jurang, katanya, Kamis (29/10/2020). 

Sementara itu, Kepala Desa Grenggeng Eri Listiawan saat dikonfirmasi mengaku telah mengevakuasi warganya ke musala terdekat karena lebih aman. Pihaknya pun telah melaporkan kejadian tersebut ke Muspika setempat dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kebumen

Komentar

Postingan populer dari blog ini

banjir kebumen rendam 10 kecamatan

Kapolres Siapkan Tim Khusus Bubarkan Kerumunan Perayaan Tahun Baru

Gegara Chatting Whatsapp, Suami Mabuk Pukuli Istri