Dugaan Penyelewengan Dana, Warga Adukan Pak Kades ke Polres

Kebumen,(kebumen.sorot.co)--Puluhan warga Desa Sitiadi Kecamatan Puring mendatangi Polres Kebumen, Senin (2/11/2020) siang. Kedatangan warga tersebut guna mengadukan dugaan tindakan penyelewengan dana di desa setempat. Diduga penyelewengan dana tersebut dilakukan oleh kepala desa. 

Pengaduan disampaikan oleh Ketua Badan Permusyawarahan Desa (BPD) Sitiadi Sakun bersama sekitar 20 warga melalui Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) pukul 14.00 WIB. Perwakilan warga juga sempat menyambangi ruang Satuan Reserse Kriminal untuk bertemu petugas. 

Ketua BPD Desa Sitiadi Sakun mengatakan, pihaknya sudah mencoba menempuh upaya musyawarah dengan pemerintah desa. Namun keinginan warga untuk bertemu dengan jajaran pemerintahan desa tidak kunjung terwujud. Hingga warga mendesak agar mengadukan dugaan penyelewengan ke pihak kepolisian. 

Sudah meminta penjelasan dengan kepala desa tetapi tidak diterima usul kami, katanya ditemui di Polres Kebumen. 

Sakun menjelaskan, dugaan penyelewengan anggaran desa terjadi selama kurun waktu tahun 2018 dan 2019. Indikasi tersebut berdasarkan pencermatan realisasi program pembangunan dan RAPBDes. Disisi lain, kepala desa juga tidak ada iktikad baik keterbukaan penggunaan anggaran termasuk kepada BPD itu sendiri.  

Salah satu warga, Nur Ismail Anas menyebut kerugian dugaan penyelewengan dana di Desa Sitiadi diperkirakan mencapai Rp 500 juta. Angka tersebut merupakan akumulasi berbagai macam jenis program. Namun ketika diminta merinci, ia menjawab akan menyampaikan laporan tersebut ke pihak Inspektorat Kabupaten Kebumen. 

Ada beberapa item di RAPBDes tahun 2018-2019, kerugian bisa mencapai Rp 500 juta, ucapnya.

Anas menegaskan, warga akan tetap mencoba melalui cara musyawarah di balai desa setempat terkait persoalan ini. Meskipun demikian, proses hukum di kepolisian tetap akan berjalan sebagaimana mestinya. Namun, pihaknya juga menjunjung tinggi asas praduga tak bersalah kepada pihak pemerintahan desa termasuk kepala desa. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

banjir kebumen rendam 10 kecamatan

Kapolres Siapkan Tim Khusus Bubarkan Kerumunan Perayaan Tahun Baru

Gegara Chatting Whatsapp, Suami Mabuk Pukuli Istri